Travel Door to Door & Sewa Mobil Sistem Carter Drop Off

Kudus ~ 1 tour

Kudus, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, mungkin lebih dikenal sebagai pusat industri rokok kretek di Indonesia. Namun, kota ini juga menawarkan lebih dari sekadar produk tembakaunya yang ikonik. Kudus adalah tempat yang kaya akan warisan budaya, sejarah, dan keindahan alam yang menakjubkan. Dari situs-situs bersejarah hingga pemandangan alam yang memukau, Kudus adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang ingin menjelajahi pesona Jawa Tengah yang autentik dan beragam.

1. Keindahan Alam dan Wisata Alam
Gunung Muria
Gunung Muria adalah salah satu destinasi alam paling menonjol di Kudus. Dengan ketinggian sekitar 1.602 meter, gunung ini menawarkan pemandangan spektakuler dari puncaknya dan jalur pendakian yang menantang. Gunung ini juga merupakan rumah bagi beberapa situs religi penting seperti Makam Sunan Muria, yang sering dikunjungi oleh peziarah. Pendakian ke puncak Gunung Muria memberikan pengalaman luar biasa dengan keindahan hutan tropis dan udara segar yang sejuk.

Air Terjun Montel
Terletak di lereng Gunung Muria, Air Terjun Montel adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan kesegaran udara pegunungan. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan air yang jatuh ke kolam alami di bawahnya. Pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang dan menyejukkan, menjadikan tempat ini ideal untuk beristirahat dan melepaskan stres.

Taman Sardi
Taman Sardi adalah destinasi wisata alam yang terletak di Kecamatan Dawe, Kudus. Taman ini menawarkan pemandangan yang indah dengan perbukitan hijau dan udara yang sejuk. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, piknik, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam. Taman ini juga menjadi tempat yang populer untuk kegiatan keluarga dan rekreasi akhir pekan.

Bukit Kaliwungu
Bukit Kaliwungu adalah destinasi alam yang menawarkan pemandangan kota Kudus dari ketinggian. Dari puncak bukit, pengunjung bisa melihat panorama indah yang mencakup kota dan sekitarnya. Bukit ini juga merupakan tempat yang populer untuk menikmati matahari terbit atau terbenam. Dengan akses yang relatif mudah, Bukit Kaliwungu menjadi pilihan favorit bagi penduduk lokal dan wisatawan untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

2. Wisata Budaya dan Sejarah
Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus, juga dikenal sebagai Masjid Al-Aqsa Manarat Qudus, adalah salah satu landmark paling terkenal di Kudus. Dibangun pada abad ke-16 oleh Sunan Kudus, salah satu dari Wali Songo, masjid ini menggabungkan unsur arsitektur Jawa dan Islam dengan elemen-elemen Hindu. Menara masjid yang ikonik, mirip dengan candi Hindu, menjadi simbol perpaduan budaya yang harmonis. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga situs sejarah penting yang menceritakan penyebaran Islam di Jawa.

Museum Kretek
Museum Kretek adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang sejarah dan industri rokok kretek yang menjadi ciri khas kota ini. Terletak di Jati, museum ini menampilkan koleksi lengkap tentang perkembangan industri kretek di Indonesia, mulai dari proses pembuatan hingga peran kretek dalam budaya lokal. Pengunjung dapat melihat berbagai alat dan mesin produksi kretek, serta belajar tentang tokoh-tokoh penting dalam sejarah kretek.

Rumah Adat  (Omah Ndoro)
Rumah Adat, atau Omah Ndoro, adalah contoh arsitektur tradisional Jawa yang dipengaruhi oleh budaya Islam. Terletak di Kecamatan Kota, rumah ini memiliki desain unik dengan ukiran kayu yang rumit dan atap yang khas. Omah Ndoro menawarkan wawasan tentang gaya hidup dan budaya masyarakat Kudus di masa lalu. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah rumah adat dan melihat koleksi barang antik serta artefak budaya.

Makam Sunan Kudus
Makam Sunan Kudus adalah situs ziarah yang penting bagi umat Islam di Jawa. Terletak di dekat Masjid Menara Kudus, makam ini menjadi tempat peristirahatan terakhir Sunan Kudus, salah satu dari sembilan wali yang memainkan peran kunci dalam penyebaran Islam di Jawa. Makam ini sering dikunjungi oleh peziarah yang datang untuk berdoa dan memohon berkah. Kompleks makam ini juga menjadi bagian dari wisata religi yang memperkaya pengalaman spiritual.

3. Kuliner Khas Kudus
Soto Kudus
Soto Kudus adalah hidangan khas yang sangat terkenal dan wajib dicoba saat berkunjung ke Kudus. Soto ini memiliki kuah bening dengan rasa gurih yang khas, biasanya disajikan dengan daging ayam atau daging kerbau. Soto Kudus biasanya dihidangkan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan bawang goreng, tauge, dan seledri. Rasanya yang lezat dan aroma yang menggugah selera membuat soto ini menjadi favorit di kalangan penduduk lokal dan wisatawan.

Lentog Tanjung
Lentog Tanjung adalah makanan tradisional Kudus yang terdiri dari lontong (nasi yang dimasak dalam daun pisang) yang dipotong-potong dan disajikan dengan sayur nangka muda dan tahu. Makanan ini biasanya disiram dengan kuah santan yang gurih dan sedikit pedas. Lentog Tanjung adalah pilihan sarapan yang populer di Kudus dan sering dijual di warung-warung makan di sekitar kota.

Jenang Kudus
Jenang Kudus adalah jenis dodol yang terbuat dari campuran beras ketan, gula kelapa, dan santan. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang lezat. Jenang Kudus biasanya dikemas dalam bungkus daun pisang atau plastik, menjadikannya oleh-oleh yang sempurna dari sini. Camilan tradisional ini adalah salah satu makanan khas yang paling dikenal dari Kudus dan sangat disukai oleh banyak orang.

Garang Asem
Garang Asem adalah hidangan tradisional Jawa yang terkenal di sini. Terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu rempah dan dibungkus dalam daun pisang, hidangan ini memiliki rasa asam dan pedas yang khas. Kuahnya yang segar dan aromatik membuat Garang Asem menjadi makanan yang cocok dinikmati dalam berbagai kesempatan. Hidangan ini sering disajikan dengan nasi putih hangat dan menjadi favorit di kalangan penduduk lokal.

4. Wisata Religi dan Spiritual
Makam Sunan Muria
Makam Sunan Muria terletak di lereng Gunung Muria dan merupakan salah satu tempat ziarah paling penting di kota ini. Sunan Muria adalah salah satu dari Wali Songo yang dikenal karena peranannya dalam penyebaran Islam di Jawa Tengah. Untuk mencapai makam, pengunjung harus melewati tangga yang cukup panjang dan curam, namun pemandangan indah sepanjang perjalanan dan ketenangan spiritual di situs ini membuat usaha tersebut sepadan.

Vihara Hok Hien Bio
Vihara Hok Hien Bio adalah tempat ibadah bagi komunitas Tionghoa di Kudus. Vihara ini memiliki arsitektur yang indah dengan ornamen-ornamen khas Tionghoa. Terletak di pusat kota, vihara ini menjadi simbol kerukunan antarumat beragama di Kudus. Setiap tahun, vihara ini menjadi pusat perayaan Cap Go Meh yang meriah dan penuh warna, menampilkan budaya dan tradisi Tionghoa yang kaya.

Sendang Jodo
Sendang Jodo adalah mata air alami yang terletak di Desa Gondosari, Kecamatan Gebog. Tempat ini sering dikunjungi oleh penduduk lokal yang percaya bahwa air dari sendang ini memiliki kekuatan magis dan bisa membawa keberuntungan dalam mencari jodoh. Selain nilai spiritualnya, Sendang Jodo juga menawarkan suasana alam yang tenang dan segar, menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

5. Festival dan Acara Tahunan
Dandangan
Dandangan adalah tradisi yang unik di sini yang menandai awal bulan Ramadan. Tradisi ini biasanya diadakan di sekitar Masjid Menara Kudus dan diikuti oleh parade budaya, pertunjukan seni, dan bazaar makanan. Dandangan tidak hanya menjadi perayaan keagamaan tetapi juga momen untuk mempererat hubungan sosial dan menikmati kebersamaan di komunitas. Acara ini menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk merasakan suasana yang meriah dan penuh semangat.

Festival Jenang Kudus
Festival Jenang Kudus adalah acara tahunan yang merayakan kelezatan dan keanekaragaman jenang, salah satu kuliner khas Kudus. Festival ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba membuat jenang, pameran kuliner, dan pertunjukan seni. Pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis jenang dan menikmati berbagai hiburan yang disajikan. Festival ini menjadi ajang untuk mempromosikan jenang Kudus dan memperkenalkan budaya lokal kepada wisatawan

Jakarta Kudus

Kudus
*Mulai Rp 450.000 / sekali jalan

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.