Travel Door to Door & Sewa Mobil Sistem Carter Drop Off

Pati ~ 1 tour

Pati, sebuah kabupaten yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah, sering kali tersembunyi di balik bayang-bayang destinasi wisata populer lainnya di Jawa Tengah. Namun, bagi mereka yang mengeksplorasinya, Pati menyimpan banyak pesona yang menanti untuk ditemukan. Dikenal dengan julukan “Bumi Mina Tani,” Pati menawarkan perpaduan harmonis antara keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan warisan sejarah yang kaya. Dari perbukitan hijau, pantai yang memikat, hingga kuliner khas yang menggugah selera, Pati adalah destinasi yang sempurna untuk liburan yang penuh makna dan pengalaman.

1. Keindahan Alam dan Wisata Alam
Goa Pancur
Goa Pancur adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi dinding-dinding goanya. Terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Goa Pancur menawarkan pengalaman eksplorasi yang menarik dengan sungai bawah tanah sepanjang 800 meter yang dapat dijelajahi. Pengunjung dapat menikmati suasana alami yang menenangkan sambil menyusuri sungai dengan menggunakan perahu atau sekadar berjalan kaki di dalam goa.

Bukit Pandang Ki Santa Mulya
Bukit Pandang Ki Santa Mulya, atau yang lebih dikenal dengan Bukit Naga Jolong, terletak di kawasan perbukitan Pegunungan Kendeng. Dari puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari perbukitan hijau, sawah terasering, dan panorama Kota Pati dari ketinggian. Bukit ini juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Waduk Seloromo
Waduk Seloromo, yang terletak di Desa Gembong, menawarkan keindahan pemandangan danau yang dikelilingi oleh perbukitan. Waduk ini bukan hanya berfungsi sebagai sumber irigasi bagi pertanian di sekitarnya, tetapi juga sebagai tempat rekreasi bagi penduduk lokal dan wisatawan. Pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dengan berjalan-jalan di sekitar waduk, memancing, atau menyewa perahu untuk berkeliling.

Air Terjun Grenjengan Sewu
Terletak di kawasan Pegunungan Muria, Air Terjun Grenjengan Sewu adalah salah satu air terjun yang paling indah di Pati. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan air yang jernih dan segar. Dikelilingi oleh hutan tropis yang rimbun, Grenjengan Sewu menawarkan suasana yang sejuk dan alami. Tempat ini sangat cocok untuk berendam di kolam alami atau sekadar menikmati ketenangan alam.

2. Wisata Budaya dan Sejarah
Masjid Agung Pati
Masjid Agung Pati, yang terletak di pusat kota, adalah salah satu landmark penting di Pati. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dengan desain tradisional Jawa yang khas. Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan keagamaan dan budaya di kota. Dengan suasana yang damai dan pemandangan indah dari tamannya, Masjid Agung Pati adalah tempat yang ideal untuk merasakan ketenangan dan kebersamaan.

Klenteng Hok Tik Bio
Klenteng Hok Tik Bio adalah tempat ibadah bagi komunitas Tionghoa di Pati. Terletak di pusat kota, klenteng ini merupakan salah satu klenteng tertua di Pati dan memiliki arsitektur yang indah dengan ornamen-ornamen khas Tionghoa. Klenteng ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga simbol kerukunan antarumat beragama di Pati. Setiap tahun, klenteng ini menjadi pusat perayaan Cap Go Meh yang meriah.

Desa Wisata Jrahi
Desa Wisata Jrahi, yang terletak di Kecamatan Gunungwungkal, menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung yang ingin merasakan kehidupan pedesaan yang autentik. Desa ini dikenal dengan kerajinan anyaman bambu dan budaya tradisionalnya yang kaya. Pengunjung dapat belajar membuat kerajinan tangan, berpartisipasi dalam kegiatan pertanian, atau menikmati pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit dan tarian daerah.

3. Kuliner Khas Pati
Nasi Gandul
Nasi Gandul adalah hidangan khas Pati yang harus dicoba oleh setiap pengunjung. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan daging sapi berkuah yang gurih dan sedikit manis. Kuahnya yang kaya akan rempah, biasanya terbuat dari campuran santan, kecap, dan berbagai bumbu khas. Nasi Gandul biasanya disajikan dengan tambahan tempe goreng atau kerupuk sebagai pelengkap.

Soto Kemiri
Soto Kemiri adalah varian soto yang unik dari Pati yang menggunakan kemiri sebagai salah satu bahan utamanya. Soto ini memiliki rasa yang gurih dan lezat dengan kuah bening yang khas. Biasanya, Soto Kemiri disajikan dengan daging ayam, telur rebus, tauge, dan taburan bawang goreng. Hidangan ini sangat cocok dinikmati sebagai sarapan atau makan siang.

Bandeng Presto
Pati juga terkenal dengan olahan Bandeng Presto, yaitu ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto sehingga durinya menjadi lunak dan dapat dimakan. Bandeng Presto biasanya diolah dengan bumbu rempah yang khas dan disajikan dengan sambal dan lalapan. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan mudah dibawa.

4. Wisata Religi dan Spiritual
Makam Syekh Jangkung (Saridin)
Makam Syekh Jangkung, yang dikenal juga dengan nama Saridin, terletak di Desa Landoh, Kecamatan Kayen. Syekh Jangkung adalah tokoh spiritual dan pahlawan lokal yang dihormati di Pati. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi banyak orang yang datang untuk berdoa dan mencari berkah. Setiap tahun, tempat ini juga menjadi pusat perayaan haul Syekh Jangkung yang dihadiri oleh ribuan peziarah dari berbagai daerah.

Puncak Argoilok
Puncak Argoilok, terletak di kawasan Pegunungan Muria, adalah tempat yang cocok untuk mereka yang mencari ketenangan spiritual dan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luas dari perbukitan hijau dan kota Pati di kejauhan. Tempat ini juga sering dikunjungi oleh pendaki dan pecinta alam untuk merasakan keindahan alam dan ketenangan yang mendalam.

5. Festival dan Acara Tahunan
Festival Durian
Pati dikenal sebagai salah satu daerah penghasil durian terbaik di Jawa Tengah. Setiap tahun, Pati menggelar Festival Durian yang menjadi ajang untuk merayakan musim panen durian. Festival ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba makan durian, bazaar durian, dan pameran produk pertanian lokal. Ini adalah kesempatan yang sempurna untuk menikmati durian segar langsung dari kebunnya.

Sedekah Bumi
Sedekah Bumi adalah tradisi tahunan yang diadakan oleh masyarakat Pati sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Perayaan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti kirab budaya, pertunjukan seni tradisional, dan doa bersama. Sedekah Bumi adalah momen penting untuk merayakan kebersamaan dan keakraban antarwarga serta mempererat hubungan dengan alam dan pencipta.

Penutup
Pati adalah destinasi yang mempesona dengan kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Dari keindahan goa dan air terjun yang menakjubkan, keanekaragaman kuliner yang lezat, hingga warisan budaya yang kaya, Pati menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan autentik. Jadi, jika Anda mencari tempat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota dan menikmati keindahan yang masih alami, Pati adalah pilihan yang sempurna.

Jakarta Pati

Pati
*Mulai Rp 450.000 / sekali jalan

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.